27 July 2009

3,5 G ; GSMvsCDMA

EFEK PENGGUNAAN TEKNOLOGI 3.5G

Teknologi 3.5G, teknologi transmisi data dengan berbasis HSDPA (High-Speed Downlink Package Access) merupakan teknologi lanjutan dari 3.5G. teknologi ini memberikan layanan suara, video, maupun akses sembilan kali lebih cepat daripada teknologi 3.5G umumnya.

EFEK PENGGUNAAN TEKNOLOGI 3.5G
(sisi positif)
Teknologi 3.5G memerikan berbagai kemudahan dan keefisiensian aktivitas dalam masyarakat modern saat ini. Dengan adanya teknologi berkecepatan tinggi ini, memnjadikan suatu kemudaha tersendiri bagi penggunanya. Pengguna dapat men-download gambar, video, suara, melakukan video calling, mengirmkan e-mail, dengan sangat cepat dan kualitas yang sangat baik. Bahkan teknologi ini juga sangat mendukung dunia pendidikan. Saat ini telah diterbitkan buku pelajaran resmi untuk anak-anak sekolah dasar maupun sekolah lanjutan dalam format digital. Tentu saja, teknologi 3.5G akan sangat membantu siswa untuk mengunduh buku ini. karena waktu download semakin singkat, maka diharapkan biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat/pengguna lebih ekonomis.

(sisi negatif)
Kemunculan teknologi 3.5G menciptakan teknologi yang benar-benar membantu manusia dalam segala hal. Namun dalam hal ‘membantu’ aktivitas manusia tersebut, terdapat efek negatif khususnya dari sisi sosial kemasyarakatan. Dengan teknologi yang begitu memudahkan aktivitas menimbulkan ketergantungan dari penggunanya. Dari ketergantungan itulah muncul suatu dampak negatif, misalnya segala sesuatu yang bisa dimediasi oleh teknologi 3.5G tidak akan dilakukan lagi di dunia nyata dengan saling berinteraksi.
Di sisi lain, teknologi ini dapat juga merugikan pengusaha warnet. Hal ini dikarenakan, dengan kemudahan yang disuguhkan teknologi 3.5G dapat dengan mudah diakses melalui telepon seluler yang memiliki teknologi 3.5G sehingga pengguna tidak perlu ke warnet. Nah, dengan demikian maka penghasilan pengusaha warnet pun menurun. Selain itu, pornografi pun dapat menyebar secara luas. Dengan Fitur video call, bukan tidak mungkin mereka bakal saling berselingkuh jarak jauh dengan perantara video call, bahkan bias juga menjadi media bisnis “esek-esek” dengan memanfaatkan fasilitas video streaming.



UNTUNG MANA SIH? PAKE GSM ATAU CDMA???

Tarif pulsa GSM mencapai 8–20 kali lebih mahal daripada tarif telpon lokal. Padahal orang yang dihubungi masih berada di kota yang sama sedangkan tarif CDMA hanya berkisar Rp150-Rp.300/menit. Berbicara seputar tarif, tarif GSM memang jauh lebih mahal daripada tarif CDMA.
Demikian pula dengan koneksi internet. Saat ini, telah banyak ponsel berbasis CDMA yang menyuguhkan fasilitas internet. Bahkan, semua ponsel CDMA Nokia sudah mendukung high speed internet CDMA 1X RTT 153Kbps. Atau dengan lain 3 kali lebih cepat dibanding koneksi internet biasa dengan menggunakan modem 56k, maupun GPRS.
Dari beberapa pernyataan di atas saya menyimpulkan bahwa pemakaian CDMA lebih menguntungkan daripada GSM.

-ameL-

No comments:

Post a Comment